Mengenal sedikit bahasa brunei..




Bahasa Melayu Standar Bahasa Melayu Brunei
Besar  >   Basar
Keras   >  Karas
Beras   >  Baras
Vokal 'o' berganti menjadi 'u' seperti perkataan di bawah:
Bahasa Melayu Standar Bahasa Melayu Brunei
Boleh  >  Bulih
Tolong > Tulung
Kotak  >  Kutak
Jika sebuah kata diakhiri dengan huruf vokal, maka huruf vokal itu dilafalkan seperti berikut:
Bahasa Melayu Standar Bahasa Melayu Brunei
Kita    >   Kita'
Lawa  >   Lawa'
Buku  >   Buku'
Kari   >    Kari'
[sunting]Kosakata dasar
 Bahasa Melayu Standar Bahasa Melayu Brunei
Tidak  >   Inda'
Ya      >     Awu
Kalau  >   Mun
Sangat > Hantap
Ini       >   Ani
Itu      >   Atu
Sekejap > Tagal
Lama    > Batah
Inilah  >   Anitah
Itulah  >  Atutah
Lah     >    Tah
Air      >    Aing
Besar   >  Basar
Kecik   >  Damit
Kerja  >   Karaja
Datuk  >  Nini
Nenek > Nini
Ayah  > Babah/Papa/Papa
Ibu  >  Emak/Babu/Mama
Moyang  > Datu
Lelaki   > Laki-Laki
Perempuan  > Bini-bini
Penutur Bahasa Melayu Brunei juga memelihara anasir bahasa Melayu Lama dan klasik dalam sejumlah kata:
Bahasa Melayu Standar Bahasa Melayu Brunei
Betul   > banar (benar)
Tipu    >  dusta
Dahaga  >  karing lihir (kering leher)
Mengantuk > kalat mata (kelat mata)
Rosak  > binasa
Susah  > Payah
Juga     > Jua
Tua     >   Tuha
Sedap >  Nyaman
Panas  >  Hangat
Ketawa  > Tatawa (tertawa)
Dia      > Ia
Tidak Payah   > Inda Usah (Tidak Usah)
Teringat   > Takanang (Terkenang)
Jatuh  > Gugur
Koyak > Carik
Pokok  > Puhun (Pohon)
Cuci    >  Basuh
Dekat  >  Hampir
Ke Sini  >  Kemari
Kalah   >  Alah

Selanjutnya terserah anda...

Jenis-Jenis Profesi di Bidang IT





Profesi adalah suatu lapangan kerja yang memerlukan pendidikan khusus, yang berakhir dengan suatu gelar dari lembaga pendidikan tinggi, serta mengakui adanya kewajiban terhadap masyarakat dan memiliki kode etik yang mengikat setiap orang yang menyandang suatu profesi tertentu.

Atau profesi dapat juga diartikan sebagai kelompok lapangan kerja khusus, dalam melaksanakan kegiatan memerlukan keterampilan dan keahlian tinggi, untuk memenuhi kebutuhan rumit manusia, menggunakan keahliannya secara benar, penguasaan pengetahuan yang luas tentang sifat manusia, kondisi masyarakat, serta memiliki disiplin etika pada profesi tersebut.

Ciri-ciri seorang profesional adalah :
·                     Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi di bidang profesinya
·                     Memiliki pengetahuan yang luas tentang manusia dan masyarakat, budaya, seni, sejarah dan komunikasi
·                     Tanggap terhadap masalah klien, paham terhadap isyu-isyu etis serta tata nilai kilen-nya
·                     Mampu melakukan pendekatan multidispliner
·                     Mampu bekerja sama
·                     Bekerja di bawah disiplin etika
·                     Mampu mengambil keputusan didasarkan kepada kode etik, bila dihadapkan pada situasi dimana pengambilan keputusan berakibat luas terhadap masyarakat

 Posisi / Jabatan dalam Dunia IT yang dikutip dari Indonesia Salary Guide 2006 dan berbagai sumber, antara lain : System Analyst, Analyst Programmer, ERP (enterprise resource planning) Consultant, Systems Programmer / Software Engineer, Web Designer, Systems Engineer, Tester, Database Administrator, Manager, IT Manager, Project Manager, Account Manager, Helpdesk Analyst, IT Executive, IT Administrator, Network Administrator, Security Network Analyst, Network Support Engineer, Business Development, dan masih banyak lagi.

 Job description profesi-profesi IT di Indonesia antara lain :

1.    IT Support Officer, tanggung jawabnya ialah :
• menerima, memprioritaskan dan menyelesaikan permintaan bantuan IT.
• membeli hardware IT, software dan hal-hal lain yang berhubungan dengan hal tersebut.
• instalasi, perawatan dan penyediaan dukungan harian baik untuk hardware & software Windows & Macintosh, peralatan termasuk printer, scanner, hard-drives external, dll.
• korespondensi dengan penyedia jasa eksternal termasuk Internet Service Provider, penyedia jasa Email, hardware, dan software supplier, dll.
• mengatur penawaran harga barang dan tanda terima dengan supplier untuk kebutuhan yang berhubungan dengan IT.
• menyediakan data / informasi yang dibutuhkan untuk pembuatan laporan department regular.

2. Network Administrator, mengurusi, mengoperasi, maintain, dan perawatan jaringan LAN maupun WAN, manajemen sistem serta dukungan terhadap perangkat kerasnya, mengarsipkan data, serta maintain dan perawatan komputer.

3. Network Engineer, melaksanakan komunikasi dan analisa sistem networking, mendesain perencanaan untuk integrasi, mendukung jaringan pada internet, intranet dan ekstranet, serta menganalisa dan ikut mengambil bagian dalam pengembangan standardisasi keamanan dan implementasi mengendalikan untuk keamanan LAN dan WAN. Sedangkan untuk tugas dan tanggung jawabnya adalah maintenance LAN dan koneksi internet, maintenance hardware, maintenance database dan file, help desk, dan inventory.

4. IT Programmer, tanggung jawabnya adalah mengambil bagian dalam pengembangan dan integrasi perangkat lunak, mengembangkan secara aktif kemampuan dalam pengembangan perangkat lunak, menerima permintaan user untuk masalah-masalah yang harus diselesaikan, menyediakan dukungan dan penyelesaian masalah konsumen baik untuk konsumen internal maupun eksternal, bertanggung jawab atas kepuasan terkini pelanggan, melakukan tugas-tugas yang berkaitan dan tanggung jawab yang diminta, , mengerjakan macam-macam tugas terkait seperti yang diberikan, dan membentuk kekompakan maksimum dalam perusahaan bersama dengan rekan-rekan dalam perusahaan.

5. Analyst Programmer, merancang, membuat kode program dan menguji program untuk mendukung perencanaan pengembangan aplikasi sistem.

6. Web Designer, mengembangkan rancangan inovatif aplikasi web-based beserta isi dari aplikasi tersebut.

7. Systems Programmer / Software Engineer, terbiasa dengan pengembangan software ‘life cycles’, memiliki ketrampilan dalam merancang aplikasi, menyiapkan program menurut spesifikasi, dokumentasi / ’coding’, dan pengujian.

8. IT Executive, memelihara kecukupan, standard dan kesiapan sistem / infrastruktur untuk memastikan pengoperasiannya dapat efektif dan efisien, serta menerapkan prosedur IT dan proses untuk memastikan data terproteksi secara maksimum.

9. IT Administrator, menyediakan implementasi dan administrasi yang meliputi LAN, WAN dan koneksi dial-up, firewall, proxy serta pendukung teknisnya.

10. Database Administrator, bertanggung jawab untuk administrasi dan pemeliharaan teknis yang menyangkut perusahaan dalam pembagian sistem database.

11. Systems Engineer, menyediakan rancangan sistem dan konsultasi terhadap pelanggan, memberikan respon terhadap permintaan technical queries serta dukungannya, dan melakukan pelatihan teknis ke pelanggan dan IT administrator.

12. Helpdesk Analyst, me-’remote’ permasalahan troubleshoot melalui email / telephone dengan cara mengambil alih kendali para pemakai via LAN/WAN koneksi, serta perencanaan, mengkoordinir dan mendukung proses bisnis, sistem dan end-users dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

13. ERP Consultant, memberikan nasehat teknis ataupun fungsional pada implementasi solusi ERP, dan harus mempunyai beberapa pengetahuan tertentu dalam rangka memetakan proses.

14. Account Manager, bertanggung jawab untuk kemajuan penjualan suatu solusi dan / atau produk serta target pendapatan.

15. Bussiness Development Manager, secara umum mengetahui kebutuhan akan pelanggan, memiliki ketajaman yang diperlukan dalam menopang dan menguntungkan bisnis, serta mempunyai kemampuan luas yang mampu menyerap dan berkomunikasi jelas tentang bisnis kompleks serta konsep teknologi.

16. IT Manager, mengatur kelancaran dari sistem IT, troubleshooting dan membantu organisasi dalam menangani permasalahan IT, dan sesuai dengan pengembangan IT yang baru dalam bidang yang diperlukan.

17. Project Manager, merencanakan, memberi arahan dan melaksanakan aktivitas manajemen proyek untuk suatu divisi / area, memonitor progress terhadap jadwal dan anggaran proyek, dan mengalokasikan atau membantu mengalokasi sumber daya sesuai dengan hasil proyek yang harus diselesaikan.